Custom Search

Senin, 07 September 2020

MENGENAL CRITICAL RAW MATERIAL (CRM) – 2 : (Platinum Group Metal / PGM)

Denny Noviansyah


Platinum: PGMs (Platinum Group Metals juga kadang-kadang disebut Platinum Group Elements, atau PGEs) termasuk Iridium (Ir), Osmium (Os), Palladium (Pd), Platinum (Pt), Rhodium (Rh), dan Ruthenium (Ru). PGM memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap panas dan berfungsi sebagai katalis untuk reaksi kimia, berkontribusi terhadap keunikan dan kepentingan mereka dalam berbagai aplikasi.



 

Aplikasi PGM yang paling menonjol adalah pada konverter katalitik, yang dapat mengurangi polusi dari mobil. Banyak PGMs, terutama Palladium, digunakan sebagai katalis dalam sel bahan bakar di industri otomotif. Karena industri mobil global diproyeksikan akan berkembang dalam dekade berikutnya (konsumen Tiongkok dan India), permintaan paladium akan terus tumbuh. Selain itu, Palladium juga digunakan dalam sel bahan bakar di mobil hybrid. Dengan demikian, peralihan ke mobil yang mengeluarkan lebih sedikit polutan tidak akan secara tajam mengurangi permintaan paladium.

 


Selain itu, Platinum dan Palladium sangat umum di sebagian besar perangkat elektronik, termasuk perangkat keras militer. Meskipun kandungan logam per-satuan aktual adalah menit, sejumlah besar Palladium diperlukan untuk memenuhi permintaan barang elektronik yang terus meningkat. Multi Layer ceramic capacitors (MLCC), yang mengatur aliran listrik melalui sirkuit, mewakili permintaan terbesar untuk paladium dari industri elektronik. Sementara industri otomotif kebanyakan mengkonsumsi paladium sebagai komponen konverter katalitik, mobil juga mengandung sejumlah besar sirkuit terpadu hibrida (HIC), yang memanfaatkan jalur perak-paladium untuk menghubungkan berbagai komponen rangkaian.

 


Platinum dilaporkan digunakan dalam beberapa kapasitas selama proses fabrikasi lebih dari 20 persen dari semua barang yang diproduksi. Ini adalah lunak, ulet, tahan terhadap korosi, dan memiliki titik leleh tinggi sekitar 1.770 derajat Celcius (3.215 derajat Fahrenheit). Penggunaannya termasuk elektronik dan katalis kimia, selain banyak aplikasi lainnya. Platinum hingga 30 kali lebih langka daripada emas (logam mulia lainnya).

 

Persediaan platinum dan paladium berpotensi berisiko karena konsentrasi geografis mereka di daerah yang menghadapi ketidakstabilan politik. Pada 2011, produksi global platinum didominasi oleh Afrika Selatan (72 persen) dan Rusia (14 persen). Bahan ini ditemukan dalam konsentrasi komersial yang besar hanya di beberapa wilayah dunia, namun masa depan energi, transportasi, dan lingkungan bergantung pada Platinum. Properti katalitik Platinum membantu pengendalian emisi dalam transportasi dan memerangi polusi. Permintaan pasti akan meningkat, tidak hanya di negara industri maju, tetapi juga di pasar negara berkembang ketika pemerintah berusaha mengendalikan emisi dan kabut asap.


Sumber : John Adam dalam Noviansyah (2019)

Tidak ada komentar:

MENGENAL CRITICAL RAW MATERIAL (CRM) – 10: MINERAL PEMBAWA LTJ (RARE EARTH)

Denny Noviansyah Logam Tanah Jarang (LTJ) atau Rare Earth Element (REE) adalah 17 unsur dalam kelompok lantanida yang terdapat dalam tabel u...